Selamat Datang di Website Resmi PT. Jasa Lingkungan Indonesia Hubungi Kami
Sadar atau tidak sadar bahwa di sekitar umat manusia tinggal d ikelilingi oleh senyawa kimia yang membuat kehidupan umat manusia lebih nyaman dan enak. Senyawa kimia diperlukan oleh clunia industri pangan, industri farmasi, industri tekstil , industri elektronik, industri pertahanan dan keamanan, industri transportasi dan keperluan rumah tangga lainnya. Seseorang duduk di rumah sudah dikelilingi oleh bahan senyawa kimia seperti TV benvarna, meja kursi aneka warna, tembok rumah dengan beraneka warna dan pembersih kaca jendela dan pintu, pembersih lantai anti mikroba patogen dan seterusnya. Senyawa kimia bermanfaat bagi kehidupan umat manusia tetapi limbah kimia khususnya senyawa kimia bahan berbahaya dan beracun (B-3) sangat berbahaya bagi kehidupan umat manusia, temak dan ikan jika pengelolaannya tidak benar.

Kasus limbah kimia logam berat merkuri (Hg) mepcemari permukaan tanah di Jepang menyebabkan penyakit Minamata, dan beberapa air laut di teluk Indonesia juga tercemar oleh logam berat termasuk logam berat merkuri, tercemarnya air permukaan tanah di deka air terjun Niagara-USA yang disebut kasus Love Canal, tercemarnya su sapi oleh Dikhloro difenil trikhloroetana atau DDT, karena sapi memakan rumput yang tercemar oleh DDT.

Limbah kimia dihasilkan oleh hampir seluruh cabang industri modem dan di antaranya merupakan limbah kimia bahan berbahaya dan beracun (limbah kimia B-3) yang memerlukan perlakuan sangat khusus. Industn yang sangat potensi menghasilkan limbah kimia B-3 adalah indushi k:imia anorganik, industri kimia organik, industri pemurnian minyak bumi. industri besi dan baja, industri penyamakan kulit, industri cat dan pelapis. dan industri elektroplating dan juga indusu•i rumah sakit, yaitu limbah infeksius. Pada umunmya dunia industri menghasilkan produk, limba h kimia dan hasil samping. Limbah berbeda dengan hasil samping.

Gambar Sumber limbah kimia dan metode pengolahan limbah kimia

Oleh sebab itulah, limbah kimia khususnya bahan berbahaya dan beracun (limbah B-3) harus diproses secara tepat dan benar menurut prosedur dan peraturan limbah B-3. Limbah kimia B-3 perlu diketahui dari sumber limbah kimia B-3, apa jenis dan konsentrasi limbah kimia dan bagaimana metode penanganan limbah kimia B-3 dan snya. Jika limbah kimia B-3 tidak dikelola dengan baik, maka limbah kimia B-3 akan mencemari air permukaan tanah yang akan sebagai bahan baku pembuatan air minum umat manusia dan kehidupan ikan serta tanaman pangan akan terganggu . Upaya duksi hmbah kimia B-3 dan meningkatkan penanganan dan tempat pembuangan yang tepat merupakan upaya yang baik d an benar Penanganan dan manajemen senyawa kimia toksik, limbah kimia B-3 d limbah kimia radioaktif pada setiap tahap kegiatan merupakan upaya tepat termasuk tahap produksi, tahap tansportasi, tahap daur ulang, tahap perlakuan dan penyimpanan serta pembuangan limbah.

Sumber: Buku Limbah kimia dalam pencemaran udara dan lingkungan penerbit ANDI Yogyakarta, 2011